-->

Mitos Keputihan yang Salah Kaprah ini Harus Dihindari Wanita

doktersehat mitos keputihan wanita

Keputihan sebenarnya adalah hal yang normal bagi wanita, dan akan mengalami hal ini hampir setiap bulan. Namun, keputihan, yang dianggap normal, adalah keputihan yang disebabkan oleh ovulasi dan kesuburan. Jika keputihan memiliki efek negatif pada vagina, kondisi patogen terjadi.

Sayangnya, tidak semua orang tahu secara lebih rinci bahwa ada dua jenis keputihan, dan pengaruhnya bervariasi. Seperti yang Anda tahu, keputihan adalah kondisi vagina yang mengeluarkan cairan kental putih dengan konsistensi yang unik. Sekarang, karena pengetahuan dari orang-orang awam terkait dengan keputihan yang tidak sempurna, ada kalanya ketika mitos sering dipercaya. Beberapa wanita percaya bahwa beberapa hal yang berhubungan dengan keputihan, itu adalah salah kaprah dan bisa menyesatkan.

1.Kalau alami keputihan langsung minum antibiotik


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sulit bagi orang awam untuk membedakan keputihan yang disebabkan oleh bakteri dan secara alami. Jika keputihan disebabkan oleh mekanisme tubuh selama ovulasi, wanita tidak perlu minum pil antibiotik karena ini dapat membuat tubuh lebih stabil di masa depan.

Jika jenis patogen ini mengalami keputihan, yang terbaik adalah melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Dengan pemeriksaan ini, dokter akan memberi Anda dosis obat yang tepat. Jika dosisnya berlebihan, itu dapat menyebabkan kekebalan tubuh, dan di masa depan itu bisa berbahaya. Wanita tidak boleh minum beberapa tablet antibiotik. Terlepas dari kenyataan bahwa antibiotik dapat dengan mudah diperoleh di toko, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar perawatan berjalan dengan baik.

2.Menggunakan sabun khusus vagina bisa atasi keputihan


Wanita biasanya menggunakan sabun khusus yang dikatakan membuat vagina lebih kesat dan lendir menghilang. Sabun ini dapat menyebabkan keputihan hilang dengan sendirinya, sehingga wanita tidak perlu minum obat yang memiliki efek menyimpang pada tubuh. Padahal, sebelum menggunakan sabun vagina khas, wanita harus tahu jenis keputihan tersebut. Jika keputihan normal, itu mungkin tidak perlu, cukup air. Jika ada cairan patogen dari vagina, gunakan seperlunya dan jangan berlebihan, karena ini dapat mempengaruhi pH vagina. Setelah setiap hari menggunakan sabun vagina khas, perubahan lingkungan akan terjadi pada vagina. Bakteri yang ada di dalamnya bisa mati, sehingga memudahkan bakteri dari luar untuk masuk.

3.Keputihan yang terjadi pada wanita bisa hilang dengan sendirinya


Keputihan bisa hilang dengan sendirinya, tetapi keputihan manakah yang pertama? Jika keputihan yang disebabkan oleh proses ovulasi mungkin tidak menjadi masalah dan menghilang saat memasuki menstruasi. Keputihan akan muncul lagi bulan selanjutnya atau beberapa hari setelah akhir menstruasi. Jika keputihan ditemukan pada wanita patogen, sangat dilarang untuk membiarkan perawatan dengan sembuh sendirinya. Karena bakteri yang menyebabkan infeksi pada vagina dapat menyebar ke saluran kemih dan organ lain di sekitarnya. Jika kondisinya memburuk, wanita itu sendiri akan menderita sakit.

4.Rebusan daun sirih bisa atasi lendir yang berlebihan


Sifat dari sirih memang sama dengan bawang putih, melawan bakteri atau mikroba lainnya. Sayangnya, penggunaan sirih yang berlebihan pada vagina justru tidak memberikan solusi pada keputihan patogen. Mengapa demikian? Karena keasaman dari vagina akan mengalami gangguan.
Kalau keasaman dari vagina mengalami gangguan, ada beberapa hal yang akan terjadi. Pertama flora normal yang ada di dalamnya akan mengalami gangguan dan mati. Selanjutnya wanita mudah sekali mengalami infeksi yang berlebihan pada vagina.

Inilah mitos keputihan yang sering sekali muncul di sekitar kita dan cukup menyesatkan. Semoga setelah ini kita lebih paham tantang keputihan.

Sifat sirih sebenarnya sama dengan bawang putih, melawan bakteri atau kuman lainnya. Sayangnya, penggunaan kacang sirih yang berlebihan dalam vagina tidak memberikan solusi untuk keputihan patogen. Mengapa? Karena keasaman vagina akan mengganggu.

Jika keasaman vagina terganggu, sejumlah hal akan terjadi. Pada awalnya, flora normal akan mengalami gangguan dan kematian. Selain itu, wanita rentan terhadap infeksi berlebihan di vagina.

Mitos keputihan muncul di sekitar kita yang salah kaprah dan menyesatkan. Semoga setelah itu kita khususnya wanita akan lebih memahami tentang keputihan.

Related Posts

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments