-->

7 Manfaat Sangat Dahsyat Makan Pisang.


Photo Credit: Pexels.com (editing)

Indonesia Sangat beragam akan buah-buahan salah satunya pohon pisang yang paling mudah didapat dengan memiliki kandungan bermanfaat. Tak harus susah-susah mencarinya karena hampir ada disetiap tempat, bahkan bisa dengan mudah mendapatkannya di kebun-kebun atau pekarangan dekat dengan rumah. Buah pisang ini selain rasanya manis dan enak serta mengenyangkan, pakar kesehatan menjelaskan bahwa pisang sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin bisa memberikan manfaat kesehatan yang sangat besar bagi tubuh anda.

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Berikut adalah berbagai manfaat kesehatan dalam buah pisang.

1. Pisang Memiliki Sumber Vitamin

Vitamin B6 dari pisang mudah diserap oleh tubuh Anda dan pisang berukuran sedang dapat menyediakan sekitar seperempat dari kebutuhan vitamin B6 harian Anda. Vitamin B6 juga baik untuk wanita hamil karena membantu memenuhi kebutuhan perkembangan bayi mereka.

Vitamin C dari pisang berukuran sedang akan menyediakan sekitar 10% dari kebutuhan vitamin C harian Anda. bermanfaat untuk melindungi tubuh, menyerap zat besi dengan baik, kesehatan otak, hasilkan kolagen dan protein untuk menyatukan kulit.

2. Memiliki Mangan Bermanfaat Untuk Kulit

Satu pisang dengan ukuran sedang meiliki sekitar 13% dari kebutuhan mangan harian Anda. Mangan membantu tubuh Anda membuat kolagen dan melindungi kulit Anda serta sel-sel lain dari kerusakan akibat radikal bebas

3. Kalium Untuk Menjaga Jantung dan Tekanan Darah

Pisang berukuran sedang akan menyediakan sekitar 320-400 mg potasium, yang memenuhi sekitar 10% dari kebutuhan potasium harian Anda.

Kalium membantu tubuh Anda menjaga jantung dan tekanan darah yang sehat. Selain itu, pisang rendah sodium. Kombinasi natrium rendah dan kalium tinggi membantu mengendalikan tekanan darah tinggi.

4. Bisa Mengendalikan Kadar Gula Darah Dan Memberi Energi

Pisang mengandung tiga gula alami yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang memberi Anda sumber energi bebas lemak dan kolesterol. Dengan demikian, pisang sangat ideal, terutama untuk anak-anak dan atlet, untuk sarapan, sebagai camilan tengah hari atau sebelum dan sesudah olahraga.

5. Sangat Cocok Untuk Diet

Buah Pisang meimilki kandungan karbohidrat berjenis pati resisten yang bisa membuat perut kenyang dalam waktu yang cukup lama. Hal ini berarti, makan pisang sebagai bagian dari menu makanan harian atau camilan bisa membantu menurunkan berat badan.

6. Bisa Mengatasi Stress

Kandungan asam amino triptofan dan vitamin B6 bisa merangsang produksi hormon serotonin di dalam tubuh yang menghilangkan stres, memperbaiki suasana hati, membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks, dan akhirnya berimbas pada sensasi lebih bahagia.

7. Tinggi Kandungan Antioksida

Di dalam pisang terdapat kandungan antioksi dan yang sangat tinggi. Tak hanya akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan melawan paparan buruk radikal bebas, pakar kesehatan menyebut antioksidan ini bisa meningkatkan produksi hormon dopamine dan katekin yang bisa mencegah datangnya stres dan peradangan.

Related Posts

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments