-->

Kebiasaan Umum Yang Bisa Membahayakan Ginjal

kebiasaan-umum-perusak-ginjal

Ginjal adalah salah satu organ ekskresi dalam vertebrata dengan memiliki dua berbentuk kacang yang terletak disisi kiri dan kanan didalam retroperitoneal, panjangnya ginjal pada manusia dewasa sekitar 11 sentimeter (4.3 in). Ginjal sangat rentan mengalami kerusakan, jika kita melakukan kebiasaan gaya hidup dalam sehari hari yang tidak sehat.

Ginjal sangat berperan untuk menyaring dan membuang racun dalam tubuh, namun ketika ginjal sudah tidak bisa bekerja dengan maksimal maka akan berimbas pada kesehatan tubuh. sebelum semua itu terlambat mari kita hindari beberapa kebiasaan buruk.

Berikut Beberapa kebiasaan tidak sehat bagi ginjal

1. Terlalu sering konsumsi garam

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam yang berlebihan bisa meningkatkan tekanan darah dan membahayakan ginjal. dalam keseharian kita sering makan atau cemilan seperti makanan ringan biskuit, keripik dan cemilan lainnya apalagi asinan tuh mantap. tapi dibalik semua itu tanpa kita sadari bahwa makanan tersebut memiliki kandungan garam.
Tubuh kita boleh mengkonsumsi garam yang memiliki batasan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupan garam maksimal 2.300 mg saja setiap hari.

2. Terlalu banyak konsumsi gula

Mengkonsumsi gula secara berlebihan bisa meningkatkan resiko terkena darah tinggi dan diabetes, hal ini bisa mempengaruhi dan memicu pembuluh darah pada ginjal. gula sering ditemukan dalam minuman bahkan pada makanan seperti sereal, roti putih dll. hindarilah makanan yang memiliki gula tambahan pada makanan anda dan melakukan pemeriksaan tekanan darah untuk menjaga tubuh kita setidaknya 3x setahun untuk mengetahui kondisi tekanan darah dalam tubuh dan menerapkan gaya hidup sehat demi menjaga keseimbangannya.

3. Hindari merokok

Merokok sangat tidak baik bagi tubuh karena bisa merusak paru-paru dan jantung. kebiasaan merokok juga bisa mempengaruhi ginjal karena orang suka merokok cenderung memiliki protein dalam urine yang bisa membahayakan ginjal.

"Apalagi, merokok dapat merusak pembuluh darah, dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi," kata Simon.

Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa hobi merokok hingga 16 tahun lamanya bisa meningkatkan risiko kanker ginjal hingga 40 persen!

4. Tidak Mencukupi Asupan Air mineral

Meminum air dalam satu atau dua cangkir dalam sehari belum sesuai asupan air yang dibutuhkan tubuh, jika dibiasakan bisa mengakibatkan ginjal tidak signifikan, selain haus dan dehidrasi juga sulit untuk menyaring dan menjaga keseimbangan tekanan darah.
Dalam Sehari tubuh membutuhkan asupan air minimal 7-8 gelas atau setara 1,5 hingga 2 liter air mineral untuk bisa membantu membersihkan ginjal dari racun tubuh serta menghindari penyakit batu ginjal.

5. Minum obat penghilang rasa sakit

Terlalu sering meminum obat penghilang rasa sakit pada tubuh tanpa memperhatikan dosis dan tidak mengikuti saran dokter, konsumsi obat dalam waktu jangka panjang dan melebihi dosis bisa mengkibatkan kerusakan ginjal.

6. Kurang tidur

Tubuh membutuhkan Istirahat untuk melancarkan aliran darah yang sangat penting untuk kesehatan anda secara keseluruhan. Ginjal membantu mengoordinasikan beban kerja selama 24 jam untuk mengatur siklus tidur dan bangun. jika tubuh sering melakukan begadang hal ini akan mengakibatkan kerusakan organ yang tidak bisa berfungsi dengan signifikan.

7. Hobi mengkonsumsi soda

Menurut para ahli kesehatan, ada hubungan erat antara konsumsi soda diet dan masalah ginjal. Pada tahun 2009, sebuah penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 3.000 wanita yang minum 2 atau lebih soda setiap hari mengalami penurunan fungsi ginjal yang signifikan . Tidak seperti minuman yang dimaniskan secara buatan, minuman yang dimaniskan dengan gula tidak menghasilkan efek yang sama.

8. Makan Dading Berlebihan

Daging memiliki kandungan protein hewani yang banyak menghasilkan asam dengan jumlah tinggi dalam darah, sehingga bisa berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan asidosis, ketika kondisi ginjal tidak dapat menghilangkan asam dengan cepat. maka tubuh anda tidak dapat menjaga dengan seimbang. Seiring waktu, gangguan ini dapat menyebabkan masalah pencernaan yang parah dan masalah ginjal kronis. cobalah imbangi mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayur-sayuran serta berbagai jenis protein seperti telur, ikan, dan kacang-kacangan.


Related Posts

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments